Proses Produksi Mebel Jepara

Wednesday, May 15th 2013.

meja ukir jepara

Proses Produksi Mebel Jepara

  • Kayu Log

Setelah ditebang, kayu bulat dikuliti dan dipotong menjadi papan di kilang gergaji, kemudian kayu ditumpuk dan diantar perajin – perajin mebel. Bahan-bahan lain, dari panel sampai lem, bahan finishing, perkakas, kemasan, dan bahan lain tak langsung dibuat setempat, namun akan dipersiapkan setelah barang mulai hampir jadi.

  • Lembaran Papan

Setelah diterima oleh perajin meubel, papan ditempatkan di kamar hampa atau di oven biar kekeringan maksimal. Campuran bahan kimia seperti lentreks encer digunakan untuk menghindari kayu dimakan kutu, sehingga produk mebel akan awet

  • Proses Perakitan dan Produksi

Setelah papan siap langkah selanjutnya adalah pemotonga kecil sesuai desain yang hendak dibuat, kemudian pekerjaan dibagi pada ahlinya, ada tugas yang mengukir, tugas merakit,tugas mengamplas, dan tugas merapihkan. sudahada bagian-bagiannya sendiri.

  • Proses Finishing dan Packing

Setelah barang melalui quality control dan dinyatakan siap untuk difinishing, maka tugas selanjutnya diberikan kepada tukang finishing. Beberapa langkah ulangan diperlukan dalam pengampelasan, kemudian baru untuk semprotan pertama yaitu sanding. Setelah sanding masih ada tahapan pe]ngamplasan kedua, baru setelah itu di semprot dengan warna finishing, bisa dengan warna natural, salak, dark,brown dan lain sebagainya. Baru setelah warna disemprotkan, masih ada lagi pengampelasan yang terakhir. dan diakhiri dengan semprot melamic, bisa doff atau gloss.

setelah semuanya selesai, langkah terakhir adalah packing untuk di distribusikan ke konsumen.