Mebel Jepara

Wednesday, May 15th 2013.

Mebel Jepara

Jepara Furniture : Art and Cultural Heritage of Indonesia

Sejarah kota Jepara dinamakan kota ukir adalah ketika Pada zaman Kerajaan Kalinyamat yang dipimpin Sultan Hadlirin ayah angkatnya yang berasal dari Cina mengukir batu yang dia bawa dari Cina untuk di letakan di Masjid Mantingan. Lalu dia mengajarkan cara mengukir yang indah kepada warga Jepara sampai sekarang. maka Jepara di Juluki Kota Ukir (Sumber). Hingga saat ini, usaha yang digeluti masyarakat Jepara mayoritas perajin mebel dan furniture di Jepara, baik jenis ukiran, minimalis, ataupun model custom. Produk yang dibuat pun bermacam-macam mulai dari kursi tamu, dipan, kamar set, tempat tidur, lemari, meja makan,kursi makan, bahkan kerajinan ukir khas yang hanya di produksi di Jepara.

Industri Mebel Jepara

Kota Jepara adalah kota kecil yang terletak di ujung utara provinsi Jawa Tengah. Posisi dan letak kota jepara memang kurang strategis, karena tidak berada pada jalur lintas utama ekonomi, membuat kesan agak “tersingkur” letaknya. Namun dengan posisi dan letak demikian, justru kota Jepara seolah-olah mendapat “petingan” atau keunggulan komparatif yang memiliki nilai kompetitif tinggi atas potensi yang dimilikinya yaitu Industri Mebel Jepara. Industri yang mengakar kuat pada struktur ekonomi masyarakat Jepara, yaitu industri mebel jepara. Jepara mempunyai potensi usaha di bidang industri mebel dan furniture yang terkenal baik di Indonesia hingga mancanegara.

Pusat Mebel Jepara

Industri mebel jepara hampir ditekuni oleh hampir 75% masyarakat Jepara, setiap desa yang ada di Jepara mayoritas mempunyai usaha dibidang furniture dan mebel jepara. Central dan pusat dari industri mebel jepara adalah di kecamatan Tahunan – Kabupaten Jepara dimana hampir seluruh buyer yang mencari mebel jepara banyak yang merujuk ke wilayah Tahunan kab. Jepara, karena sudah banyak dikenal bahwa Pusat Mebel di Jepara adalah wilayah kecamatan Tahunan.